We are Happy to make you Happier!
info@greenchilitravel.com
0370 750 4565
Paket Wisata Lombok murah

Mau Liburan Murah ke Gili Trawangan? Ini Caranya

Lombok terkenal memiliki banyak destinasi wisata pantai yang cantik dan indah seperti Pantai Kuta, Pantai Senggigi, Pantai Tanjung Aan, Pantai Mandalika, dan lain-lain.

Namun selain pantai, sebenarnya Lombok juga punya pesona lain berupa pulau-pulau kecil yang dikenal dengan istilah “gili.”

Pulau-pulau kecil tersebut sudah sejak lama menjadi destinasi wisata yang paling diminati ketika berkunjung ke Lombok. Beberapa alasan mengapa banyak wisatawan yang suka berwisata ke gili antara lain:

  • Pulau-pulau kecil tersebut bebas polusi karena tidak ada kendaraan roda dua maupun roda empat (kendaraan bermesin). Jika ingin bepergian dan mengangkut barang, moda transportasi utama yang digunakan adalah kendaraan tradisional berupa andong atau dalam istilah setempat disebut cikar/dokar.
  • Karena ini adalah pulau kecil, kita pun bisa menyaksikan sunrise sekaligus sunset di satu lokasi karena pulau-pulau kecil ini tidak terlalu luas.
  • Bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman berwisata yang lebih privat, gili bisa menjadi pilihan.
  • Di beberapa gili, terutama di Gili Trawangan, sudah tersedia berbagai fasilitas dan akomodasi modern mulai dari hotel, resort mewah, cafe, bar, berbagai tempat hiburan, hingga ATM.

Karena ini adalah salah satu destinasi wisata terkenal di dunia, tidak heran apabila banyak traveller dari berbagai belahan dunia datang berkunjung sepanjang tahun, terutama pada high season.

Begitu juga dengan traveller dari Indonesia, banyak di antara mereka yang kepincut dan ingin merasakan sensasi liburan ke pulau-pulau kecil yang indah ini.

Namun sayangnya, sebagian besar mereka belum bisa mewujudkan impian tersebut karena terbentur biaya. Padahal, seperti destinasi wisata lainnya di Indonesia, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk sampai ke Gili Trawangan dengan biaya murah ala backpacker misalnya.

Mengapa memilih Gili Trawangan sebagai tujuan liburan?

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari 3 pulau kecil (gili) yang berada di sebelah barat laut lombok.

Selain karena berstatus sebagai pulau yang paling besar di antara gili-gili yang ada, pulau ini juga menjadi yang paling modern dan paling lengkap jika dilihat dari sisi fasilitas dan akomodasi.

Wisata ke Pantai Gili Trawangan Lombok

Pearl Beach Bar Gili Trawangan

Pulau yang berpenduduk 800 jiwa ini memiliki nuansa pesta yang lebih kental.

Hampir setiap malam dan sepanjang malam berbagai jenis pesta diadakan di tempat yang berbeda-beda. Tidak hanya pusat hiburan di malam hari, di siang hari tempat ini juga menawarkan pengalaman wisata yang menarik seperti:

  • Scuba diving
  • Snorkeling
  • Berselancar (surfing)
  • Bermain kayak
  • Water sport
  • Bersepeda
  • Berjemur di pantai
  • Wisata kuliner
  • Naik kuda berkeliling pulau, dan lain-lain.

Cara murah ke Gili Trawangan

Cara ke Gili Trawangan dari Bali

Kalau kamu saat ini berada di Bali dan ingin langsung ke Gili Trawangan, sebenarnya kamu bisa menggunakan speedboat langsung dari beberapa pelabuhan di Bali seperti, Pelabuhan Padang Bai, Tanjung Benoa, atau pelabuhan Pulau Serangan (Sanur).

Namun tentu saja biayanya akan sangat mahal. Kalau ingin lebih murah, kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

  1. Pertama kamu harus mencari cara untuk pergi ke pelabuhan Padang Bai. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan transportasi umum dari Terminal Ubung (Denpasar).
  2. Di Terminal Ubung terdapat angkutan umum berupa minibus (Elf) yang bisa mengantarkan kamu hingga ke pelabuhan Padangbai dengan biaya antara Rp40.000-Rp60.000.
  3. Di Pelabuhan Padang Bai, kamu bisa membeli tiket kapal ferry menuju Pelabuhan Lembar di Lombok dengan harga kurang lebih Rp40.000.
  4. Dari Pelabuhan Lembar kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum. Tarif angkutan umum dari Pelabuhan Lembar ke Terminal Bertais (Mandalika) di Mataram kurang lebih Rp10.000.
  5. Dari terminal Mandalika, lanjutkan perjalananmu menuju Desa Pemenang di Lombok Utara. Biaya angkot pada umumnya berkisar antara Rp15.000-Rp20.000.
  6. Sesampainya di Desa Pemenang, lanjutkan perjalanan dengan naik ojek ke Pelabuhan Bangsal. Untuk biaya, sebaiknya kamu nego saja dengan tukang ojek setempat karena lokasinya sudah dekat.
  7. Di Pelabuhan Bangsal kamu bisa membeli tiket untuk menyeberang ke Gili Trawangan menggunakan kapal kayu. Biaya menyebrang ke Gili Trawangan dari pelabuhan Bangsal kurang lebih Rp15.000 per orang (kapal kayu/45 menit); atau Rp85.000 per orang (speedboat/10-15 menit).

Jika cuaca cerah, ada banyak kapal tersedia untuk menyeberang mulai pukul 08.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA.

Cara ke Gili Trawangan dari Bandara Internasional Lombok (BIL)

  1. Kalau kamu datang ke Lombok dengan menggunakan pesawat, kamu akan turun di Bandara Internasional Lombok (BIL) yang terdapat di Lombok Tengah.
  2. Dari bandara, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Mataram (Sweta) dengan menggunakan Bus Damri, biayanya antara Rp25.000-Rp35.000.
  3. Setelah turun di Pool Damri (Sweta), kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Terminal Mandalika yang jaraknya hanya 2 kilometer saja. Untuk sampai di sana, kamu bisa menggunakan taksi di sekitar Terminal Damri. Tapi jangan lupa tawar-menawar.
  4. Dari terminal Mandalika kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Desa Pemenang dengan menggunakan angkutan umum (Rp15.000).
  5. Dari Desa pemenang naik ojek menuju Pelabuhan Bangsal.
  6. Dari pelabuhan Bangsal kamu bisa memilih menggunakan public boat (kapal kayu) jika ingin biaya murah untuk menyeberang ke Gili Trawangan.
About the Author
GreenChili Travel is the best way to Explore Lombok and Gili Trawangan with The Best & Recomende Services. You cand find us on and Facebook

Leave a Reply

*